LucianaPombo - Tips Seputar Otomotif Dan Elektronik

Tips Seputar Otomotif | Daftar Harga | Harga Sepeda Motor | Spesifikasi Kendaraan | Berita Terbaru

Tips Penting Saat Membeli Motor Bekas Atau Second

Tips Otomotif - Bagi kita memiliki motor adalah kewajiban ,meskipun harus kredit dan itupun motor bekas.Tidak menutup kemungkin hampir semua keluarga sekarang sudah banyak yang memiliki kendaraan yang disebut dengan sepeda motor. Sepeda motor sudah seperti kebuhan primer  untuk melakukan aktivitas sehari hari , mulai dari untuk bekerja, menganter anak sekolah dan menjemput anak pulang sekolah dan lain lain. nah dibawah ini saya ingin berbagi tips mengenai bagaimana cara pembelian motor bekas yang baik agar mendapatkan barang yang berkualitas dan juga tidak ketipu.

Namun, membeli motor bekas tidak seperti membeli motor baru yang bisa dengan mudah Anda ambil. Ada beberapa hal yang perlu Anda teliti dan perhatikan saat Anda berniat membeli motor bekas untuk memastikan bahwa motor bekas yang Anda beli memiliki performa sesuai dengan harga yang akan Anda bayarkan.


Ketika kita ingin memiliki motor bekas dan ingin membeli motor tersebut dan mendapatkan kondisi yang masih bagus mungkin tidak semua orang bisa memilihnya,akan tetapi dimasa sekarang dimana semua harga sudah naik semuanya ,dari sembako, kebutuhan sehari hari bahan bakar dan mungkin kita harus mempertimbangkan hal demikian untuk membeli motor baru,tapi lebih memilih untuk membeli motor bekas.


Oleh karena itu pilihan yang tepat adalah hal terbaik untuk mencari motor bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang anda miliki.nah apabila anda juga berminat untuk membeli motor bekas. Ada hal hal yang harus anda ketahui jadi biar gak ketipu nantinya , walaupun terlihat body mulus tapi kita gak tahu dalamnya kan sama saja nanti kita melakukan perawatan malah bisa menghabiskan uang kita.Memilih motor bekas itu seperti memilih pasang hidup kita hehe, karena nantinya motor tersebut akan selalu mendampingi kita dimanapun kita berada dan dalam keadaan apapun berikut ini adalah tips membeli motor bekas.


Baca Juga : Langkah Pemeriksaan Mesin Jika Membeli Kendaraan Bekas

Tips Penting Saat Membeli Motor Bekas


  • Cek harga pasaran
    Sebelum anda membeli motor , coba anda bisa melakukan check via internet , anda bisa google.com (mesin pencari) untuk menemukan harga motor yang ingin anda beli, sebagai contoh saya ingin mencari motor Honda Beat bekas.maka saya cukup mengetik google.com dan menulis keyword Harga Honda Beat Bekas.


  • Cek Kondisi Oli Motor
    Usahakan anda membuka dan melihat atau mengukur oli motor yang ada di dalam mesin, pastikan ukuran oli tidak berlebihan karena jika oli motor yang dimasukan berlebihan akan membuat suara mesin motor menjadilebih halus,sehingga dapat menyembunyikan suara asli motor yang mungkin memiliki bunyi kasar atau berisik.
  • Cek Speedometer
    Coba anda perhatikan bagian depan khususnya pada bagian komponen motor yang satu ini yaitu speedometer, pastikan agar tidak ada retak atau adanya bekas pembongkaran .Lihat juga berapa km yang telah di tempuh oleh motor yang ingin anda beli , jika diatas 20.000 KM maka dapat dipastikan akan banyak sekali komponen mesin yang akan harus diganti sesegara mungkin.
  • Cek Nomor Rangka dan Mesin Motor
    Sebelum anda deal membeli motor bekas , coba anda cocokan nomor mesin motor dengan yang tertera di STNK dan buku hak milik ,pastikan no rangka masih original atau belum  di utak atik.
  • Cek Kondisi Fisik Motor
    Sebelum membeli dan deal , Coba anda periksa kondisi body motor, spion , dan lain sebagainya apakah ada bagian bagian part yang masih original atau tidak atau ada cacat, perhatikan dengan baik komponen komponen diatas.
  • Hidupkan Mesin Motor
    Langkah selanjutnya anda bisa menghidupkan motor yang ingin anda beli , apakah bisa stationer atau langsam, karena kondisi motor pada mesin yang tidak  bermasalah dapat langsam pada putaran kurang lebih 1500 rpm.
  • Cek Langkah gigi atau perpindahan gigi motor
    Jalankan kendaraan dan perhatikan juga posisi perpindahan gigi , apakah terasa sulit atau tidak. Apa bila terasa sulit berarti menandakank kompas kopling motor tersebut akan segera habis tentunya anda harus mengganti dengan yang baru.Kemudian jika terdengar suara mendesir pada saat motor dijalankan kemungkinan besar gigi primer dari motor yang ingin anda beli tersebut segera habis.
  • Cek Kondisi Kelistrikan
    Periksa juga kelistrikan motor dan juga lampu lampu  apabila semua komponen tersebtu masih berfungsi atau masih hidup, berarti tidak ada kerusakan pada komponen tersebut atau kondisi aki motor yang tidak bermasalah alias masih normal.
  • Cek Kondisi Roda Motor
    Sebelum membeli motor bekas, perhatian hal hal sepele seperti melakukan cek pada roda motor, coba anda periksa terhadap kondisi roda, kelurusan antara roda depan dengan roda bagian belakang. hal ini untuk meyakinkan bahwa chasis atau rangka tidak membengkok ,motor yang mengalami jatuh atau benturan yang keras maka bisa menyebabkan kebengkokan pada sasis.
  • Cek Rangka atau sasi motor
    Sebelum membeli motor bekas , coba anda perhatikan kelurusan roda motor depan dan belakang apakah masih lurus atau ada sesuatu yang mengganjal. dan pastikan bahwa rangka atau sasis motor tersebut tidak ada kebengkokkan. Jalankan motor sekitar 40 Jm/jam dan rekan rem sedikit mendadak , untuk memastikan bahwa motor tidak sulit untuk dikendalikan ,hal yang barusan saya ceritakan diatas akan berguna juga untuk mendeteksi lurusnya sasis dan poros setang.
  • Cek Kebocoran
    Anda bisa melakukan testing terlebih dahulu, yaitu usahakan untuk mencoba dijalanan dengen mengendarai kurang lebih sekitar 500 meter. Perhatikan apakah terlihat adanya oli yang bocor melalu sela sela mesin motor tersebut. Atau adanya air radiator yang bocor khususnya buat motor yang ingin anda beli berjenis menggunakan radiator.
  • Test Ride
    Coba anda mintalah ke penjual motor agar diperbolehkan untuk melakukan test ride atau mengendarai motor tersebut dengan begitu anda bisa merasakan motor tersebut apakah masih layak digunakan atau tidak atau ada kelainan atau tidak, perhatikan dan rasakan pada handling, akselerasi motor dan juga tenaga power motor tersebut.
Baca Juga : Harga Dan Spesifikasi New Honda PCX 150 Januari 2017

Berikut yang bisa saya jelaskan tentang Tips Penting Saat Membeli Motor Bekas Atau Second semoga dapat bermanfaat. untuk anda jika akan membeli kendaraan bekas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Penting Saat Membeli Motor Bekas Atau Second