Tips Bengkel Motor | Tips Bengkel Mobil | Harga Ban | Harga Motor Bekas

Begini Cara Menyetel Kopling Manual Dan Hidrolik, Gampang Kok!

Cara Menyetel Kopling Manual Dan Hidrolik - Kondisi jalanan yang macet seringkali membuat pengguna mobil dengan transmisi manual mengeluh. Kaki kiri terasa pegal karena harus menginjak kopling saat memindah gigi transmisi berulang kali. Apalagi jika setelan pedal kopling tidak pas, pasti kaki semakin pegal. Apabila pedal terlalu tinggi, maka kaki akan semakin berat menahanya. Tapi jika terlalu rendah, perpindah gigi juga tidak maksimal. Untuk itu pedal kopling perlu distel agar nyaman saat diinjak dan tidak membuat kaki pegal.

kopling manual

Menyetel kopling sebenarnya bisa dilakukan dirumah baik yang tipe manual yakni masih menggunakan kabel ataupun tipe hidrolik. Tapi kamu harus bisa membedakan keduanya. Karena meskipun dua duanya mudah dilakukan, memiliki cara yang sedikit berbeda. Jika sudah tahu perbedaanya, yuk simak langkah langkahnya dibawah ini:

Cara Menyetel Kopling Manual Dan Hidrolik

Pertama tama setelaha jarak pedal kopling sesuai keinginanmu. Untuk pengguna kopling manual seperti Toyota Avanza maka kamu bisa memutar baut penyetel yang berada dibagian gearbox. Putar kekiri untuk menambah tinggi main pedal dan sebaliknya. Sementara itu untuk yang tipe hidrolik seperti toyota inova, kamu harus kerja lebih ekstra. Pasalnya penyetelnya berada dibawah kemudi sehingga kamu harus ngolong terlebih dahulu. Carilah tuas penonjok master . Kendorkan kearah kiri untuk mengurangi atau putar kekanan untuk menambah tinggi pedal.

begini-cara-menyetel-kopling-manual-dan


Khusus untuk kopling hidrolis, pedal kopling akan memiliki speleng saat mengurangi jarak main pedal kopling. Nah untuk mengatasi hal tersebut cukup putar baut setelan emenggunakan kunci 14 mm. Dan perlu diingat ketika sudah selesai menyetel jarak main pedal kopling hidrolis maka ada kemungkinan pedal kopling tidak sejajar dengan pedal rem. Hal ini wajar, jadi kamu tidak perlu panik.

Gimana mudahkan cara menyetel kopling manual dan hidrolik ini? So, jika kakimu sudah mulai pegal lantaran tinggi pedal tidak normal stel saja sendiri dirumah. Kamu bisa lebih menghemat karena tidak mengeluarkan ongkos. Selamat mencoba ya, semoga berhasil.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Begini Cara Menyetel Kopling Manual Dan Hidrolik, Gampang Kok!