Tips Bengkel Motor | Tips Bengkel Mobil | Harga Ban | Harga Motor Bekas

Cara Cek Ketebalan Kampas Rem Cakram dan Biaya Ganti Pemasangan

Tips Otomotif  - Apabila saat mengendarai motor dan melakukan pengereman sembari terdengar bunyi decit atau atau bahkan pengereman sudah tidak pakem, coba lakukan pengecekan terhadap kampas rem nya barang kali sudah habis atau sudah tipis dan waktunya untuk diganti yang baru. Namun bukan berarti kampas rem tipis yang menyebabkan rem berbunyi decit tapi bisa juga karena kotoran yang menempul, apabila itu penyebabnya maka perlu dilakukan pembersihan.

Kebanyak pemilik motor yang masih pemula apabila saat menginjak rem dan injakkannya terlalu dalam, maka kampas rem menandakan sudah tipis dan waktunya diganti. Padahal hal tersebut belum tentu benar, sebab apabila masih distel ulang maka melakukan penggantian kampas rem tidak perlu dilakukan sebab masih bisa berfungsi normal, tanpa harus menekan pedal rem sampai dalam. Nah untuk menentukan kampas rem tipe tromol yang benar-benar harus diganti bagaimana ?

Cara cek ketebalan kampas rem belakang
Cara Cek Ketebalan Kampas Rem

Bagaimana Cara Mendeteksi Tingkat Keausan Kampas Rem Tipe Tromol ?


Cara pengecekannya, di tutup tromol roda belakang ada indikator keausan terdiri dari plat indikator dan dua tanda garis ketebalan kampas rem di tutup tromol, garis pertama tanda kampas sudah habis tanda yang kedua kampas rem masih tebal. injak pedal rem belakang kemudian lihat posisi indikator keausan dalam posisi pedal rem masih diinjak.

1. Jika posisi indikator keausan menunjukkan garis didepan atau garis pertama maka kondisi kampas rem masih tebal, jika posisi indikator keausan berada ditengah2 antara kedua garis maka keausan kampas rem masih 50% saja. Lihat gambar dibawah contoh kampas rem masih tebal.

2. Jika indikator keausan berada di garis paling belakang maka kondisi kampas rem sudah habis atau tipis, saatnya diganti baru. Lihat gambar dibawah contoh kondisi kampas rem sudah hampir habis. Biasanya sudah timbul decit saat injak rem.

Kampas rem tromol ( brake shoe ) saat dibongkar seperti masih tebal jika dilihat secara kasat mata, padahal kampas remnya sudah tipis dan jika dibiarkan maka kondisi tromol yang akan semakin aus. Lihat gambar dibawah ini, ini adalah kondisi kampas rem yang sudah habis tapi sepatu kampas rem masih terlihat tebal.

Biaya pemasangan semua di bengkel kiringan 5000-7000 rupiah Cukup terjangkau bukan  segera datang langsung ke Bengkel terdekat waktu pemasangan tergantung kondisi kurang lebih 5-10menit.

Itulah beberapa Cara Cek Ketebalan Kampas Rem Cakram semoga menjadi manfaat dan terima kasih.

Hasil Penelusuran Kata Kunci:

Cara cek ketebalan kampas
Cara cek ketebalan kampas rem cakram
Cara cek ketebalan kampas rem depan
Cara cek ketebalan kampas rem belakang
Cara mengukur ketebalan kampas rem
Cara ukur tingkat ketebalan kampas rem depan belakang
Cara baca ukuran ketebalan kampas rem cakram tromol

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Cek Ketebalan Kampas Rem Cakram dan Biaya Ganti Pemasangan