Tips Bengkel Motor | Tips Bengkel Mobil | Harga Ban | Harga Motor Bekas

Penyebab Motor Matik Tidak Dapat Di Starter Beserta Cara Memperbaiki

Tips Otomotif - Semua orang pasti mengetahui jika kick starter (engkol) pada sepeda motor adalah salah satu komponen yang perannya paling vital. Apabila motor starter mati mungkin tidak menjadi masalah besar karena masih dapat menyalakan motor melalui kick starter. Tapi bagaimana jika motor yang tidak dilengkapi dengan engkol? Apa jadinya jika starter mati, pastinya hal tersebut sangatlah merepotkan karena Anda harus membawanya langsung ke bengkel.

Sebelum mengetahui bagaimana cara memperbaiki starter, tentunya Anda harus tahu dulu gejala yang timbul dari kerusakan starter di sepeda motor matic. Periksa gejala awal matinya seperti suara yang kasar atau justru tidak menimbulkan suara sama sekali ketika tombol starter di tekan. Pada saat tombol starter ditekan namun motor tidak menyala, bisa jadi kemungkinan tersebut di sebabkan aki yang sudah lemah. Kemungkinan lainnya jika motor starter tidak menyala yaitu pada komponen rangkaian, relay starter, dinamo starter.
Berikut ini beberapa tips untuk memeriksa dan memperbaiki starter motor yang mungkin bisa Anda lakukan sendiri dirumah.

Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Matik Tidak Dapat Di Starter 


1. Cek Tegangan Aki atau Baterai

Karena asumsi yang paling sering adalah mencurigai baterai, kita pastikan apakah baterai atau aki masih berfungsi normal dengan melakukan pengecekan tegangan. Baterai merupakan sumber arus listrik ketika mesin tidak hidup sehingga jika baterai tidak berfungsi maka dipastikan double starter mati. Tetapi aki biasanya tidak langsung mati melainkan muncul tanda-tanda yang bsia kita kenali, misalnya saat menekan tombol starter berbunyi tidak wajah seperti tegangan lema. Ciri ini biasanya muncul sebelum aki benar-benar mati.

Untuk memastikan apakah baterai masih berfungsi atau tidak lakukan pengecekan tegangan, caranya dengan memakai multimeter atau avometer. Idealnya tegangan atau voltage dari aki adalah 12 volt. Jika pada avometer menunjukkan angka kurang dari 12 Volt berarti kemungkinan ada masalah pada pengisian, atau bisa juga perlu diganti.

2. Cek Relay Starter 

Yang menghubungkan dan memutuskan arus dari baterai ke motor starter adalah relay starter atau ada yang menyebut bendik. Jika komponen ini bermasalah maka akan mengakibatkan dobel starter tidak berfungsi. Lalukan pengecekan relay dengan cara menyambung dua  kabel (biasanya ada socketnya) ke baterai (+ dan -). Ketika disambung masih terdengar suara "cetak", artinya relay masih bagus. Tetapi jika tidak terdengar apapun saat kabel disambung kemungkinan relay starter sudah mati dan perlu diganti.

3. Cek Rangkaian Starter

Jika dua cara diatas sudah dilakukan dan masih berfungsi semua, kemungkina besar adalah rangkaiannya. Hal ini biasanya terjadi akibat kabel putus, bisa mungkin dimakan oleh tikus atau terputus akibat hal lain. Cara mengeceknya dengan menggunakan multitester dan posisikan multi pada pegecekan hambatan. Pastikan semuanya menunjukkan angka 0 yang berarti rangkaian masih menyambung. Buka kabel mulai dari tombol starter hingga menuju relay starter.

4. Cek Motor Starter (dinamo)

Meski sangat jarang terjadi namun hal ini juga berpengaruh pada masalah dobel starter mati. Cek dengan menggunakan multimeter dengan cara probe (+) dihubungkan dengan kabel yang menuju motor starter dan probe (-) dihubungkan dengan massa. Tekan tombol starter dan periksa arusnya. Jika masih mengandung arus berarti motor starter mati. Kerusakan pada motor starter ini ada dua kemungkinan yakni sikat (brush) sudah aus atau kumparan putus. Jika brushnya aus, ganti dengan brush yang baru. Jika yang putus adalah kumparan atau spull perlu dibawa ke tukang service dinamo untuk dilakukan spull ulang atau dilakukan pengecekan.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab Motor Matik Tidak Dapat Di Starter Beserta Cara Memperbaiki