Tips Bengkel Motor | Tips Bengkel Mobil | Harga Ban | Harga Motor Bekas

Tips Membuat Kaca Mobil Jadi Jernih Saat Musim Hujan

Tips Mobil  - Musim hujan mulai menyapa. Bagi pengendara mobil mesti ekstra waspada, karena cipratan atau air hujan dapat mengganggu jarak pandang.

Umumnya banyak pengendara hanya mengandalkan penggunaan wiper. Padahal ada cara lain agar kaca pada mobil tetap jernih memaksimalkan kerja wiper. Apalagi hujan dan cipratan acap meninggalkan embun dan bekas titik air.

Seperti dilansir situs resmi Daihatsu, Kamis 8 Februari 2018, ternyata ada tips agar kaca mobil dapat menahan air layaknya daun talas. Peralatan yang dibutuhkan juga cukup sederhana yakni kain lap bersih dan rubbing compound.

Indonesia sudah memasuki musim pancaroba dimana curah hujan sedang tinggi-tingginya. Hampir seluruh wilayah Indonesia terguyur hujar. Bila hujan turun dengan intensitas tinggi pastinya salah satu persoalan yang akan ditemui saat berkendara menembus hujan adalah berkurangnya jarak pandang dikarenakan oleh rapatnya curah hujan yang menyiram kaca depan.

Tips Membuat Kaca Mobil Jernih Cemerlang


Kondisi ini memang tidak bisa dielakkan, namun setidaknya terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk menyiasati berkurangnya pandangan kita saat mengemudi. Bagaimana cara menyiasatinya? berikut tips yang bisa kamu aplikasikan untuk memastikan padangan mobil terlihat jelas meskipun sedang menembus hujan yang intensitasnya sangat tinggi.

1. Pastikan Kaca Jendela Mobil Terbebas Jamur


Jamur seringkali membuat kaca jendela tak lagi jelas, bahkan ketika mobilnya sudah terguyur hujan deras. Tidak ada cara lain selain membersihkan atau mencegah agar jamur tak menempel didepan kaca jendela. Cara yang dilakukan bisa dengan menggunakan obat pembersih jamur khusus atau dengan cara alternatif murah meriah semisal obat pembersih kaca akuarium. Bersihkan jendela mobil setidaknya sepekan sekali, bisa lebih sering jika setiap hari mobil terguyur hujan.

2. Menjaga Kekenyalan Karet Wiper. 


Jangan sampai karet wiper berbunyi nyaring karena terlalu melekat di kaca, atau sebaliknya tak mampu menghalau aliran air hujan dari atap ke jendela karena terlalu longggar. Jaga selalu kekenyalannya agar berfungsi maksimal.Tentunya ini bersifat penjegahan, caranya sangat mudah  dengan mengoleskan cuka dengan campuran air 1 : 1. Bisa juga dengan cara mengoleskan silikon cair khusus karet wiper. Tindakan ini sifatnya preventif.

3. Pastikan Resvoir Wiper Tetap Terisi.


Isi dengan air bersih menjadi cara paling dasar. Cara yang lebih baik lagi adalah menuangkan cairan yang khusus dirancang untuk peranti ini. Cairan tambahan untuk wiper ini cukup banyak tersedia di pasaran dan harganya pun relatif terjangkau. Namun apabila kepepet , bisa menggunakan alternatif murah meriah yakni dengan mencampurkan sedikit air dengan sabun .

4. Mengoleskan Cairan Rain Repellent 


Sering merasa pandangan terganggu padahal kaca jendela sering dibersihkan? mungkin ada yang salah dengan bagian kacamu yang membutuhkan sedikit pelumas, bukankah kaca yang berish  tentunya membuat pandangan lebih terang? So, untuk membuat kaca depanmu kembali kinclong gunakan rain repellen, biasanya  ditawarkan di pasar dengan harga kisaran Rp 40-150 ribuan. Murah bukan?


Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Membuat Kaca Mobil Jadi Jernih Saat Musim Hujan